Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan
dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa
mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan
yang disebut kicauan[3] (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140
karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat
secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar
teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang
dikenal dengan sebutan pengikut.
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui
situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau
dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini
berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini
pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio,
Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter
telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari
100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari
internet".
Pesan
Pengguna dapat menulis pesan berdasarkan topik dengan
menggunakan pagar (#) (hashtag). Sedangkan untuk menyebutkan atau membalas
pesan dari pengguna lain bisa menggunakan tanda @.
Pesan pada awalnya diatur hanya mempunyai batasan sampai 140
karakter disesuaikan dengan kompatibilitas dengan pesan SMS, memperkenalkan
singkatan notasi dan slang yang biasa digunakan dalam pesan SMS. Batas karakter
140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan URL seperti bit.ly,
goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti Twitpic, Tweephoto,
memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi multimedia isi dan teks yang lebih
panjang daripada 140 karakter. Twitter menggunakan bit.ly untuk memperpendek
otomatis semua URL yang dikirim-tampil.
Konten Dalam Twitter
Laman Utama (Home)
Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan
oleh orang-orang yang menjadi teman kita.
Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang
mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.
Pengikut (Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita
sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan
seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.
Ikutan (Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang
mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti
tersebut masuk ke dalam halaman utama.
Gamitan (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar
sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh
halaman sebelumnya.
Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena
pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa
melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
Pagar (Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna
lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
Senarai
Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam
satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara
keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).
Topik Hangat (Trending Topic)
Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam
suatu waktu yang bersamaan.
Isi Kicauan
Isi Kicauan menurut Pear Analytics:
Berita
Spam
Promosi diri
Celoteh tidak berarti
Percakapan
Nilai lewat-terus (pass-along)
Peringkat
Twitter adalah merupakan salah satu dari 10 situs web yang
paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa trafik web analisis.
Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa Twitter berada di tingkat
ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial berdasarkan jumlah
pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan Maret 2009,
Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh tercepat--dalam
kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan bulanan sebesar 1.382%,
meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008 menjadi 7 juta pada
Februari 2009.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar